Sabtu, 27 Januari 2018

Perhatikan Baik-baik! "Makhluk Apa" yang Bersembunyi di Antara Dedaunan Ini? Dijamin Kamu "Gak Akan Nyangka" Dengan Jawabannya!

IGNIPLEX - Blogger Premium Template Simple and Clean

Alam liar sungguh menakjubkan, semua makhluk ciptaan-Nya unik dan istimewa, masing-masing memiliki peran masing-masing. Entah itu alga sebagai produsen oksigen dan makanan dasar di kehidupan laut, atau anemon yang memberi perlindungan bagi ikan-ikan badut dan ikan-ikan badut yang menyediakan makanan untuk anemon.

Mungkin dua peran yang paling dikenal adalah sebagai predator atau pemangsa, dan sasaran atau mangsa. Predator berkembang menjadi pemburu mematikan yang efisien dan mangsa mengembangkan kemampuan pertahanan diri.

Tapi ada satu kemampuan yang digunakan baik oleh pemangsa maupun mangsa yaitu – berkamuflase.


Ada banyak jenis hewan-hewan yang bisa berkamuflase, yang memungkinkan mereka untuk berbaur begitu baik dengan habitat aslinya. Burung nightjar sebagai salah satu contohnya.

Sepintas, memang hanya terlihat seperti setumpuk dedaunan, namun, jika Anda memeriksa gambar tersebut lebih dekat, Anda mungkin menemukan burung itu.

Burung Nightjar bersarang di tanah, sehingga kemampuan untuk berbaur dengan lingkungan sekitar sangat penting, dan foto tersebut merupakan ilustrasi sangat baik menggambarkan hal yang dilakukan hewan tersebut.

Tidak hanya burung Nightjar yang menjadi hewan yang pandai berkamuflase, yuk lihat 4 hewan lain yang bisa berkamuflase!

#1: Uroplatus Sikorae


Spesies tokek ini banyak ditemukan di Madagaskar. Hewan ini tidak hanya bisa mengubah warna kulitnya agar sesuai dengan sekitarnya, tapi juga memiliki flopp dermal yang memungkinkan tokek mengubah bentuk tubuhnya saat beristirahat sehingga membuat pemangsanya lebih sulit mengenalinya.

# 2. Euthalia aconthea


Dalam tahap ulat, kupu-kupu baron terlihat seperti ulat pada umumnya. Saat bertengger di atas daun, ulat ini secara praktis tidak mungkin bisa dilihat. Kupu-kupu baron adalah hewan asli India dan Asia Tenggara.

Menariknya, kupu-kupu betina dan jantan tidak berwarna sama. Jantan berwarna coklat, dan betinanya berwarna hijau dengan sedikit garis coklat.

# 3. Scorpaenopsis diabolus


Ikan karnivora ini dikenal sebagai ikan batu palsu atau ikan kalajengking setan. Hewan ini adalah predator yang berdiam diri di dasar laut, dengan duri yang beracun.

Kamuflase ikan kalajengking setan ini membantunya untuk menangkap mangsa. Spesies ikan ini ditemukan di Samudera Hindia dan Pasifik.

# 4. Phalera bucephala


Umumnya dikenal sebagai ngengat buff-tip, serangga ini banyak ditemukan di Eropa dan Mongolia. Saat diam, sayapnya memberi ilusi seperti ranting yang patah. Hewan ini adalah ngengat yang cukup besar dengan lebar sayap 55 – 68 mm.

Bukankah alam itu sungguh menakjubkan? Kamu mungkin pernah melihat beberapa hewan ini sebelumnya namun tidak menyadarinya. Yuk share artikel ini ke teman-temanmu!

Sumber: Erabaru
IGNIPLEX - Blogger Premium Template Minimalis Dua Kolom

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya


IGNIPLEX - Template Blogspot Simple Putih Dua Kolom